cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1: April 2019" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA LEARNING STYLE DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 2 PALEMBANG Mardiah Astuti; Fuaddilah Ali Sofyan; Mira Marisa
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.018 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara learning style dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. Pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan kuantitafif desain korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di MIN 2 Palembang berjumlah 261 siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 148 siswa. Data tentang learning style dikumpulkan dari pengisian angket learning style oleh responden, sedangkan hasil belajar didapat dari hasil post-test siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa untuk learning style visual rhitung (0.172) rtabel (0.1698), auditorial rhitung (0.251) rtabel (0.3172), kinestetik rhitung (0.127) rtabel (0.3009). Berdasarkan kriteria pengujian maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak (auditorial dan kinestetik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning style (auditorial dan visual) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. This study aims to determine the correlation between learning style and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang. This types of research are quantitative, correlation design. The population of this study was 261 students and 148 were taken as the sample by purposive sampling. The data collected are the results of filling the learning style and mathematics test by the respondents. The results of data analysis obtained for visual tcount (0.172) ttable (0.1698), while auditorial tcount (0.251) ttable (0.3172), cinestethic tcount (0.127) ttable (0.3009). Based on the criteria of test, the null hypothesis (Ho) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected for auditorial and cinestethic. So it can be concluded that there is no significant correlation between learning style (auditorial and cinestethic) and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang.
PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI HITUNG KOMPAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR Agustan Syamsuddin; Asrul Lukman
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.044 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2052

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan media edukasi “HitungKompak” terhadap kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitianpra-eksperimen yang melibatkan 36 siswa sebagai subjek penelitianyang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan18 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design denganmelibatkan satu kelompok subjek. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan (pretest, treatment dan post test), analisis dan temuan penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tes hasil belajar siswa yang menggambarkan kemampuan berhitung siswa dan lembar observasi.Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik deskriptif dananalisis inferensial.Data yang diperoleh berupa data kuantitatif hasil tes kemampuan berhitung pada materivolume kubus dan balok selanjutnya analisisdengan menggunakan analisis deskriptif dan uji t-tes. Darihasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pre testsebesar58.61 yang termasuk pada kategori sedang.Sementara nilai rata-rata post test yang diperoleh sebesar 80 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkanhasil analisis uji t-tes diperolehnilai tHitung= 15.39 dan tTabel= 3.591, sehingga dapat dituliskan tHitung ≥ tTabelatau 15.39 ≥ 3.591. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yangmenggambarkan bahwa penggunaan media edukasi “Hitung Kompak” dapat memberi pengaruh dalammeningkatkan kemampuan berhitung siswapada materi volume kubus dan balok.Kata Kunci:media edukasi, hitung kompak, kemampuan berhitung This study aims to describe the impact of the use of "Compact Counting" educational media on numeracy skills inelementary school students. This study included pre-experimental research involving 36 students as research subjectsconsisting of 18 male students and 18 female students. The research design used was One Group Pretest-Posttest Designinvolving one group of subjects. This research was carried out through the planning, implementation stage (pre test,treatment and post test), analysis and findings. The research instrument used in this study is a test of students oflearning outcomes that describes students' numeracy skills and observation sheets. The results of the research dataobtained are then analyzed using technical descriptive statistical analysis and inferential analysis. The data obtainedin the form of quantitative data from the results of tests of numeracy skills in topic of the volume of cube and rectangleare then analyzed using descriptive analysis and t-test. From the results of the study obtained the average value of thepre test of 58.61 which is included in the medium category. While the average value of the post test obtained is 80which is in the high category. Based on the results of the t-test analysis, it is obtained that the t count = 15.39 and ttable = 3.591, so that it can be written t count ≥ t table or 15.39 ≥ 3.591. Thus, it can be concluded that Ho is rejectedand H1 is accepted which illustrates that the use of educational media "Compact Counting" can have an effect inimproving students' numeracy skills in volume and cube volume topic.Keywords: educational media, compact counting, numeracy skill
PENGARUHMULTIMEDIATERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 34 LIBURENG KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP Syarifah Nur Fajrin
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.648 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPSsiswa kelas V SD Negeri 34 Libureng Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Penelitian inimenggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini ialah penelitian pra-eksperimen (praeksprimendesign).Desain penelitian ini menggunakan The One Group Pretest Posttest. Adapunpopulasipenelitian ini adalah semua siswaI - VI SD Negeri 34 Libureng kecamatan tondong tallasa kapupatenpangkep. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling Non Probabily Samplingyang meliputi Sampling Purposve. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas Vdengan jumlahpopulasi sebanyak 14 siswa SD Negeri 34 Libureng kecamatan tondong tallasa kapupaten pangkep,sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwamultimedia pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS setelah diperoleh tHitung= 5,36 dan tTabel =2,16 maka diperoleh tHitung tTabel atau 5,36 2,16.Makadapat disimpuulkan bahwa hasil penelitian inimenunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajarIPS siswa kelas V SD Negeri 34 Libureng Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. This study aims to study multimedia learning on social studies learning in the fifth grade students of 34 PublicElementary School 34 Libureng, Tondong Tallasa, Pangkep Regency. This study uses quantitative research with thistype of research is pre-experimental research (pre-experimental design). The design of this study uses The One GroupPretest Posttest. Everyone learns this is all students I - VI SD Negeri 34 Libureng, tondong tallasa sub-district, pangkepregency. Samples in the study were taken using the Non Probable Sampling sampling technique provided by PurposveSampling. The sample used in this study was class V with the number of participants as many as 14 students from 34Public Elementary School Libureng, Tondong Tallasa Pangkep, as the experimental class. Based on the hypothesis testthat has been done, it can conclude the multimedia learning obtained from social studies learning after obtaining t count= 5.36 and t table = 2.16, then t count t table or 5.36 2.16. Then it can be concluded that the results of this study areintended to use multimedia learning on the learning outcomes of the fifth grade students of 34 Public ElementarySchools in Tondong Tallasa, Pangkep Regency.
Evaluasi Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick Materi Geometri Tri Suryaningsih
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.961 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.1703

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah adalah kemampuan untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan matematika yang dimiliki. Evaluasi ini bertujan untuk mengevaluasi proses kerja siswa SD dalam melaksanakan pemecahan masalah matematika berdasar modifikasi Heuristik model Krulik-Rudnick. Evaluasi ini menggali dan mengelompokkan kesulitan-kesulitan siswa yang dapat dipakai sebagai pijakan dalam mengambil tindak lanjut secara khusus untuk mencapai tujuan kognitifnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melihat hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengambilan data meggunakan teknik wawancara dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Subyek penelitian 32 siswa kelas VB SD N Ngaliyan 03 Semarang. Evaluasi didasarkan pada indikator-indikator langkah pemecahan masalah berdasar heuristik model Krulik-Rudnick yang dilakukan siswa meliputi: read and think, explore and plan, select a strategy, find an answer, reflect and extend. Data diambil melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 6 siswa (18,75%) berada pada kategori baik, 8 siwa (25%) berada pada kategori cukup, dan 18 siswa (56,2%) berada pada kategori kurang. Siswa pada kategori baik selalu berusaha melaksanakan semua langkah pemecahan masalah, kecuali pada reflect and extend. Siswa dengan kategori cukup menunjukkan hanya sebagian langkah pemecahan masalah yang dilakukan, langkah explore and plan, reflect and extend menjadi kegiatan yang jarang mereka lakukan. Sedangkan siswa dengan kategori kurang menunjukkan bahwa pada semua indikator implementasi pemecahan masalah menunjukkan kualitas yang rendah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA TUDANG SIPULUNG TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS IV SD INPRES BONTOMANAI MAKASSAR Evi Ristiana; Herminar Herminar; Muhammad Nasrul
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.027 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaranberbasis budaya tudang sipulung terhadap penguasaan konsep IPA pada materi struktur dan fungsi bagiantumbuhan siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitianeksperimen menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Prosedur penelitian tahappersiapan, tahap pelaksanaan, dan menganalisis data penguasaan konsep. Subjek dalam penelitian iniadalah murid kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa padapenguasaan konsep Pretest terdiri dari 33,33% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atauberada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar65,41. Sedangkan pada hasil Posttest terdiri dari 83,33% telah memenuhi KKM dan secara klasikal telahterpenuhi yaitu dengan nilai rata-rata 77,08 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan hasil belajar murid kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar melalui penggunaanmodel pembelajaran berbasis budaya tudang sipulung mengalami peningkatan. This study aims to determine the effect of the implementation of the culture-based learning model of scavengers onmastery of the science concept in the material structure and function of plant parts of fourth grade students of SD InpresBontomanai Makassar. This type of research is a type of experimental research using the research design Pretest-Posttest Control Group Design. Procedure for research preparation phase, implementation phase, and analyzing datamastery concept. The subjects in this study were fourth graders of SD Inpres Bontomanai Makassar. The resultsshowed that the mastery of the Pretest concept consisted of 33.33% who met the minimum completeness criteria(KKM) or were in a very low category. Classically it has not been fulfilled because the average value obtained is 65.41.While the results of the Posttest consisted of 83.33% had met the KKM and classically had been fulfilled with anaverage value of 77.08 in the high category. Based on the results of these studies, it can be concluded that the learningoutcomes of fourth grade students of SD Inpres Bontomanai Makassar through the use of the scavenging culture-basedlearning model have increased.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MURID KELAS V SD INPRES BATU KARAENG KABUPATEN BANTAENG Sartika Dewi; Nasrah Nasrah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.895 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media SEQIP (Science Education Quality ImprovementProject) terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD Inpres Batu Karaeng Kecamatan PajukukangKabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini Pre-Eksperimen dengan The One Grup Pretest-Posttest Design.Penelitian ini menggunakan kelas pretes dan kelas postes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas V SD Inpres Batu Karaeng yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil belajar IPA padapenerapan media SEQIP data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisisstatistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas pretest yang tuntas secara individual dari20 siswa yaitu 10 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan pada kelas postestyang tuntas secara individual dari 20 siswa yaitu 19 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Hasil uji-t data postest diperoleh t tabel sebesar 2,09 dan t hitung sebesar 8,97. Hal tersebut jugaditunjukkan dari rata-rata hasil posttest yaitu kelas pretest sebesar 68,80 dan kelas posttest sebesar 82,80.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan penerapanmedia SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dibanding dengan mediagambar dari buku cetak. His study aims to determine the application of the SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) media tothe science learning outcomes of the fifth grade students of BatuKaraengInpres Elementary School, Pajukukang District,Bantaeng District. This type of research was Pre-Experimented with The One Group Pretest-Posttest Design. This studyused the pretest and posttest classes. The subjects in this study were all 20th grade students of SD InpresBatuKaraeng.Data collection techniques in this study used test, observation, and documentation instruments. To find out the sciencelearning outcomes on the application of SEQIP media the data were analyzed using descriptive statistical analysistechniques and inferential statistical analysis techniques. The results of this study indicate that the pretest class that iscompleted individually from 20 students is 10 students who meet the Minimum Completion Criteria (KKM), while theposttest class is completed individually from 20 students namely 19 students who meet the Minimum CompletionCriteria (KKM). The results of the t-test of the posttest data obtained by t table amounted to 2.09 and t count of 8.97. Itis also shown from the average posttest results, namely the pretest class of 68.80 and the posttest class of 82.80. Based onthe results of the study, it can be concluded that the results of data analysis show that the application of SEQIP mediacan improve student learning outcomes in science learning compared to media images from printed books.
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD PERTIWI MAKASAR Amri Amal; Fajri Basam; Rizal Rizal
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.377 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penigkatan keterampilan proses sains siswa kelas V. Penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai upayauntuk mengkaji, merefleksi secara kritis suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja (Performance) guru,interaksi guru dengan siswa, serta interaksi siswa dengan kelas. Secara garis besar terdapat empat tahapan,yaitu (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Peningkatanketerlaksaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 1.43 dengan kategoriterlaksana seluruhnya, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 1.58 dengan kategori terlaksna seluruhnya. This study aims to analyze the improvement of science skills in class students.This research is classroom action research, namely a research activity carried out in the classroom as an effort to assess,critically reflect on a learning plan on teacher performance (Performance), teacher interaction with students, andstudent interaction with the class. Broadly speaking there are four stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3)observation (observation), and (4) reflection. Increasing the learning process in the classroom from the first cycle withan average value of 1.43 with the category fully implemented, and in the second cycle with an average value of 1.58with the category fully implemented.
HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Idawati Idawati
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.539 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang hubungan antarapelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dengan hasil belajar siswa di SDN 003 PompanikiKecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif denganbentuk penelitian adalah studi korelasi. Tempat penelitian di SDN 003 Pompaniki Kecamatan SabbangKabupaten Luwu Utara dengan dengan subyek penelitian sebanyak 178 orang kemudian dipilih sampelpenelitian sebanyak 22% atau 39 orang siswa secara stratified random sampling, sedangkan pengumpulandata menggunakan teknik kuisioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwapelaksanaan manajemen kelas oleh guru termasuk kategori kuat atau tinggi yaitu 70,20%, Sedangkan hasilbelajar siswa termasuk kategori sangat baik atau sangat tinggi yaitu 82,63%. Hasil analisis korelasimenunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan berdasarkan perhitungan rhitung rtabel (0,711 0,418).Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswaSDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, dan kontribusi antara manajemen kelasterhadap hasil belajar siswa pada penelitian ini sebesar 50,55% sedangkan sisanya 49,45% dipengaruhi olehfaktor yang lain This study aims to gain an overview on the relationship between the implementation of classroom managementconducted by teachers and student learning outcomes at SDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Kabupaten LuwuUtara. This study uses a descriptive method with the form of research is a correlation study. The place of research inSDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, with the subject of research as many as 178 people,then the study sample was chosen as much as 22% or 39 students by stratified random sampling, while data collectionused questionnaire and documentation techniques. The results of data analysis showed that the implementation ofclassroom management by teachers included a strong or high category of 70.20%, while the student learning outcomesincluded a very good or very high category of 82.63%. The results of the correlation analysis show that there is asignificant relationship based on the calculation of r count r table (0.711 0.418). Then it can be concluded that thereis a relationship between classroom management and learning outcomes of students at SDN 003 Pompaniki KecamatanSabbang Kabupaten Luwu Utara, and the contribution of class management to student learning outcomes in this studyis 50.55% while the remaining 49.45% is influenced by other factors
PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR Dina Dahliana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.518 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.1586

Abstract

Abstract. This research is motivated by the low writing skills of poetry. This is characterized by students' poetry writing skills that are not productive, still informative, students are still difficult to express their ideas, and are less attractive to students because they only use one technique. One learning technique that can improve poetry writing skills is mind mapping techniques. Mind mapping is also a learning technique to stimulate students' imagination in generating ideas, recording and summarizing using mind mapping. This study aims to examine the effect of Mind Mapping Technique on Poetry Writing Skills of students in elementary school.This study was an experimental study of Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all fifth grade students of class V. Sampling is done by saturated sample technique (total sampling), namely VB class as an experimental class and VA class as a control class. The experimental class consisted of 34 students and the control class consisted of 36 students. The instrument used to determine the effect of mind mapping techniques is observation and documentation. The experimental class was treated by using mind mapping techniques in poetry writing skills while the control class without using mind mapping techniques.Based on the results of the pretest obtained the average value of the experimental class 60 and the average value of the control class 64.2. From the results of the comparison of the two sample classes, there was a difference in value of 3.7, so it can be concluded that there is no significant difference between the two pretest grades, meaning that the two classes have the same initial ability. Next, learning was conducted using mind mapping techniques in the experimental class and learning without mind mapping techniques in the control class. After learning is given then in both classes posttest is conducted. For the experimental class obtained an average value of 82 and for the control class obtained an average value of 77.5. From the results of testing hypotheses with a significant level of 0.05 obtained a significant value of 0,000 because sig. α, the hypothesis is accepted, so it can be concluded that there is an effect of using mind mapping techniques on students' poetry writing skills in elementary school. Keywords: Mind Mapping Techniques, Writing Skills, Poetry Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi. Hal ini ditandai dengan keterampilan menulis puisi siswa belum bersifat produktif, masih bersifat teori informatif, siswa masih sulit untuk menuangkan ide-idenya, dan kurang menarik bagi siswa karena hanya menggunakan satu teknik (ceramah). Salah satu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi adalah teknik mind mapping. Mind  mapping  juga merupakan  salah  satu teknik pembelajaran  untuk  merangsang  imajinasi  siswa  dalam  menghasilkan gagasan,  mencatat  dan  meringkas  menggunakan  pemetaan  pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Puisi siswa di sekolah dasar.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design dengan  rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh (total sampling) yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh teknik mind mapping adalah observasi dan dokumentasi. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan teknik mind mapping dalam keterampilan menulis puisi sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan teknik mind mapping.Berdasarkan hasil pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 60 dan nilai rata-rata kelas kontrol 64,2. Dari hasil perbandingan kedua kelas sampel tersebut diperoleh perbedaan nilai sebesar 3,7, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran yang menggunakan teknik mind mapping pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa teknik mind mapping pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan posttest. Untuk kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata 82 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 77,5. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 karena sig. α maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa di sekolah dasar. Kata Kunci : Teknik Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Puisi
Model Pembelajaran Berbasis Projek dalam Setting Lesson Study Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa PGSD Undiksha MG. Rini Kristiantari
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.173 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2060

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bekal pemahaman dan keterampilan pada mahasiswaJurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha dalam menulis artikel ilmiah.Alasan yang mendasari dilakukannya kajian ini adalah adanya fakta bahwa selama ini pelaksanaanperkuliahan menulis karya ilmiah cenderung bersifat monoton, dengan teknik presentasi, diskusi,pembelajaran bersifat klasikal. Meskipun variasi metode pembelajaran baru digunakan, namun masihjuga menimbulkan kejenuhan pada mahasiswa dalam belajar dikarenakan masih saja bersifat teori.Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran baru baik model maupun metode yang menggabungkanantara teori dan praktik pembelajaran agar mahasiswa benar-benar paham secara teori maupun praktikmenulis artikel ilmiah, yakni memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar praktik menulis artikeldi dalam maupun di luar kelas, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis projek (PBP). Kajianini dirancang secara deskriptif kualitatif dengan setting lesson study. Subjek terteliti adalah mahasiswasemester VI PGSD FIP Undiksha di Denpasar. Data pemahaman dalam menulis artikel ilmiah sertaproses kinerja mahasiswa dijaring dengan tes menulis artikel dan pengamatan langsung. Selanjutya datayang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan berdasar pada panduan berupa rubrik penilaian artikelilmiah dan dipersentasekan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teori pemahaman mahasiswaterhadap teknik menulis artikel ilmiah hasil penelitian meningkat. Hal itu dibuktikan dengan skor/nilaiyang diperoleh mahasiswa terteliti. Pada awal sebelum dilakukan kajian, nilai mahasiswa berada padakategori B, C, bahkan ada yang D; setelah dilakukan kajian skor/nilai mahasiswa berada pada kategori Adan B. Hal ini berarti bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model PBP dalamseting lesson study dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikelilmiah. This study aims to provide knowledge and skills to University Education students at Ganesha in writing scientificarticles. The reason underlying this research is the fact that so far the implementation of lectures in writing scientificworks has tended to be monotonous, with classical presentation, discussion and learning techniques. Although a varietyof new learning methods have been used, it still causes student saturation in learning because it is still theoretical. Forthis reason, new learning innovations are needed, both models and methods that combine learning theory and practiceso that students truly understand the theory and practice of scientific article writing, namely to provide students withthe opportunity to learn the practice of writing articles inside and outside the classroom, using project-based learningmodel (PBP).This study was designed in a qualitative descriptive manner with lesson study settings. The subjectsstudied were VI semester students at Undiksha FIP in Denpasar. Data about understanding in writing scientific articles and the process of student performance are collected by direct observation methods and article writing tests.Furthermore, the collected data is analyzed qualitatively based on the guidelines in the form of rubrics anddisagreements.The results of the study indicate that in theory students' understanding of the technique of writingscientific articles results of research increases. This is evidenced by the score / value obtained by the students studied. Atthe beginning before the research was conducted, the student grades were in categories B, C, some even D; after thisstudy the value of student studies is in categories A and B. This means that learning carried out using the Project-BasedLearning model in the lesson study setting can improve students' understanding and skills in writing scientific articles.Menulis artikel ilmiah dan pembelajaran berbasis projek

Page 1 of 1 | Total Record : 10